Akibat Gigi Berlubang, Nyawa Anak Ini Diambang Batas! Dokter Peringatkan Bahaya Makan Manis dan Obat Berlebihan

3 of 3Halaman Selanjutnya

Setelah tiga hari makan obat yang diresepekannya, untungnya, pembengkakan berkurang dan Dr Azila bisa mengeluarkan giginya yang berlubang dan membusuk itu

Dia berkata, “Saya mencabut gigi (gadis) karena ini adalah tempat infeksi dimulai dan saya tidak ingin hal yang sama terjadi karena bisa berakibat fatal

Gusi yang bengkak berarti ada infeksi dan bakteri ini sebenarnya dapat menyebar ke otak dan menyebabkan sepsis.”

“Sepsis bisa mematikan dan menyebar melalui aliran darah.”

“Sepsis terjadi ketika respons tubuh terhadap bahan kimia ini tidak seimbang, memicu perubahan yang dapat merusak banyak sistem organ yang dapat menyebabkan kematian

Ketika infeksi gigi terjadi, bakteri dapat menyebar ke jaringan atau tulang di sekitar gigi yang juga dapat ditularkan ke bagian lain dari tubuh” jelasnya.

Beberapa tanda-tanda infeksi di mulut adalah bau mulut, rasa pahit di mulut, demam, sakit gigi, kelenjar leher bengkak dan rahang bengkak.

Dr Azila menyarankan mereka yang memiliki gejala ini harus segera pergi ke rumah sakit untuk perawatan sebelum keadaan memburuk.

Adapun gadis kecil ini, dia bertanya kepada orang tua dan menyadari bahwa itu disebabkan oleh buruknya kebersihan giginya dan juga karena konsumsi makanan manis yang berlebihan.

Orang tua akan memberinya makanan manis dan permen untuk sarapan setiap pagi dan tidak ketat dengan rutinitas membersihkan gigi dan mulutnya.

Orang tuanya tidak mengharuskan gadis kecil itu menyikat giginya setiap hari dan tidak membawanya ke dokter gigi secara rutin.

Dr Azila mengatakan bahwa dia ingin berbagi pengalaman ini sehingga orang-orang akan mengetahui masalah ini.

Dia menyarankan orang tua untuk lebih ketat dalam makanan yang dikonsumsi anak-anak mereka dan juga memiliki rutinitas kebersihan gigi yang baik.

 

3 of 3Halaman Selanjutnya