Curhatan Viral Emak-Emak, Hanya Dijatah 20 Ribu untuk Seminggu, Inspirasi Supaya Hemat

Emak-emak ini tunjukkan jatah uang suami dalam seminggu. Ia merasa 20 ribu – 30 ribu juga cukup untuk seminggu. Tentu masakannya pilih yang sederhana dan murah.

Begini caranya mensiasati uang jatah seminggu agar cukup.

Psikolog dari Universitas Muhammadiyah Malang, Dr Diah Karmiyati, M.Si., memberikan tanggapannya terkait konten video TikTok istri yang viral.

Dalam video tersebut, istri mengaku hanya dijatah suami Rp 20 ribu untuk seminggu. Diah menekankan segala sesuatunya bisa dilihat dari sisi positif dan negatifnya.

Termasuk dari konten yang sedang menjadi bahan perbincangan di kalangan warganet, terutama emak-emak.

“Orang memberi tanggapan sesuai dengan experience dan subjektivitas masing-masing,” katanya, Rabu (2/9).

Ia tak menutup kemungkinan ada masyarakat yang melihat ini hanya sebatas lucu-lucuan saja.

Namun di sisi lain ada juga yang bisa tersinggung meskipun tidak ada keterkaitan dengan dirinya secara langsung.

Diah juga tidak menampik konten tersebut juga bisa dilihat memiliki unsur kreativitas dan juga edukasi.

“Saya kira juga bisa inspiratif bagi orang-orang melihatnya positif. Bagaimana dia harus berhemat dan lain sebagainya,” bebernya.

Diah memberikan catatan kepada masyarakat untuk bisa mengambil sudut pandang positif bahkan pada hal-hal negatif sekalipun.

Kebebasan Bermedia Sosial

Terlepas dari konten tersebut nyata atau settingan, Diah menyebut di era digitalisasi informasi semua serba terbuka dan sangat mudah diakses.

“Siapa saja bisa memposting apa saja tergantung dengan keinginan dan tujuannya seperti apa.”

“Semua orang juga bisa melihat dan menilainya. Itu suatu keniscayaan,” tegasnya.

Saat disinggung etis atau tidaknya konten tersebut, alumnus Universitas Gadjah Mada itu memberikan pandangannya terkait kondisi tersebut.

Etis atau tidaknya, menurut Diah dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing.

“Pandangan saya sebagai seorang ibu dan istri ini tidak etis” imbuhnya.

Diah menilai, isi konten dijatah suami Rp 20.000 untuk makan 1 minggu sebetulnya bersifat pribadi dan rahasia dari sebuah keluarga yang bukan untuk konsumsi publik.

Bahkan dirinya mengatakan, bisa jadi konten ini menyinggung pasangannya

“Karena dia yang mencari nafkah kemudian si istri mengumbar gajinya sekian, mempermalukan suami dalam satu sisi,” tandasnya.

Seminggu 20 Ribu, Bisa Buat Apa?

Belakangan ini warganet dihebohkan dengan konten TikTok yang memperlihatkan seorang istri membagikan pengalamannya dalam mengatur uang pemberian suami.

Video yang diunggah oleh akun @yuniyantisuherman menunjukkan seorang istri yang diberikan jatah uang belanja senilai Rp 20.000 untuk satu minggu.

Selanjutnya istri ini memutar otak bagaimana dengan uang tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ia pun membuat menu yang sederhana sehingga dengan uang 20 ribu itu cukup untuk makan sehari-hari.

Dalam unggahannya dari Senin – Minggu dia mengolah bahan tempe untuk berbagai menu masakan. Diantaranya tempe goreng, orek tempe, tempe digoreng dengan tepung dan lainnya.

Sedangkan jika dijatah 30 ribu dalam seminggu, ia bisa memasak dengan bahan utamanya adalah telur. Mulai dari telur ceplok, telur goreng, telur balado, dan lainnya.

Hingga Jumat (4/9) video ini telah ditonton hingga ratusan ribu kali.

Selain uang belanja Rp20.000,00 untuk makan 1 minggu, @yuniyantisuherman juga membuat konten lain seperti uang jatah make up senilai Rp 20.000,00, uang jatah makan seminggu 30 ribu dan lainnya.

Sebenarnya seberapapun uang yang dimiliki itu bisa jadi cukup ataupun tidak cukup bergantung bagaimana mengaturnya. Nah bagi ibu-ibu yang jatah bulanan suaminya sedikit, harus pintar-pintar mengolahnya agar cukup ya.