Kisah Lengkap Kiai Sami’an yang Hirup Napas Pasien, Masih Sehat Walafiat


Viral video dua pria yang menghirup napas pasien Covid-19. Mereka adalah Masudin dan KH Sami’an. Masudin diketahui sudah meninggal beberapa hari lalu, bukan karena Covid-19 tapi karena sakit lambung.

Sementara itu, Kiai Sami’an masih sehat walafiat. Pria berusia 45 tahun ini merupakan sahabat Masudin.

“Alhamdulillah saya dalam keadaan sehat walafiat,” kata Kiai Sami’an, Minggu (18/7/2021).

Kiai Sami’an menceritakan video viral saat menghirup napas pasien Covid-19. Saat itu, mereka menjenguk pria berinisial HD, menantu Rokim yang merupakan teman Masudin. HD diisolasi karena terpapar Covid-19.

“Abah Rokim bilang menantunya juga sakit ada ruangan diisolasi, tapi kami tidak tahu kena COVID atau tidak. Mr Masudin dimintai tolong Abah Rokim untuk membesuk juga kalau bisa masuk ke ruang isolasi,” terangnya.

Kiai Sami’an kemudian diminta Masudin menghirup napas pasien Covid-19 tersebut melalui hidung dan mulut.

“Saat itu pasien diberi minum ramuan oleh Mr Masudin. Kemudian secara spontan beliau (Masudin) menyuruh saya menghirup napas pasien. Saya pucat karena pengalaman pertama saya,” cerita Kiai Sami’an.

Namun, setelah dua bulan berlalu sejak video tersebut, Kiai Sami’an masih sehat dan tidak terpapar Covid-19.

“Alhamdulillah setelah video itu saya tidak merasakan apa-apa, tidak sakit sama sekali,” ungkapnya.

Namun, Kiai Sami’an menegaskan bahwa dia tidak berniat sombong apalagi sampai dianggap tidak mempercayai virus Covid-19.

“Saya sama sekali tidak punya niatan apa-apa. Terjadi seperti itu (viral), saya serahkan kepada Allah SWT. Intinya kita tetap harus menjaga kesehatan, jaga imun, kita ikuti aturan-aturan pemerintah supaya bebas dari COVID-19,” tukasnya.

Masudin sendiri merupakan terapis tunarungu asal Desa Banyuarang, Kecamatan Ngoro, Jombang. Kiai Sami’an mengatakan bahwa istri Masudin menyebut suaminya meninggal karena sakit lambung akut.

“Saya kenal Mr Masudin 2,5 tahun. Saya tidak tahu beliau sakit apa. Saat beliau meninggal saya langsung ke rumah duka. Kata istrinya sakit lambung. Saya juga kaget,” imbuhnya.