Menurut Penelitian, Sifat Pemarah Sang Anak Diturunkan dari Ayahnya

Halaman Sebelumnya1 of 3

Sifat anak memang diturunkan dari orangtuanya. Ada pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”, dimana artinya anak pasti punya kemiripan baik dari segi fisik maupun sifat yang diturunkan oleh orang tuanya.

Dari segi fisik, memang jelas seperti yang kita pelajari saat pelajaran biologi dulu, bahwa warna kulit, rambut, bentuk wajah, perawakan, dan ciri lainnya akan diturunkan secara genetik.

Dilansir dari halaman Klikdokter (18/5/2020), untuk sifat tertentu, seperti watak dan karakter misalnya, masih belum jelas bagaimana pola penurunannya.

Namun, ada sebuah penelitian yang menyatakan, katanya sifat anak yang pemarah ini diturunkan oleh orang tua, terutama oleh ayah. Benarkah demikian? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sifat seseorang dipengaruhi oleh berbagai hal, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor genetik, keseimbangan neurotransmitter pada sistem saraf, serta faktor hormon yang memengaruhi pembentukan sifat seseorang.

Tidak kalah penting, faktor eksternal berupa pola asuh, pergaulan, pengalaman hidup, dan riwayat trauma juga dapat memengaruhi pembentukan sifat, karakter, serta kepribadian seseorang.

Baca Selanjutnya

Halaman Sebelumnya1 of 3