Rekor Dunia! Kisah Ibu Ini Lahirkan 9 Anak Kembar Sekaligus

3 of 3Halaman Selanjutnya

Dalam beberapa kasus, kelahiran ganda dapat terjadi secara alami, ketika seorang perempuan menghasilkan banyak telur saat ovulasi atau telur yang dibuahi terbelah menjadi dua.

Kelahiran ganda juga dapat disebabkan dari perawatan infertilitas seperti fertilisasi in vitro, di mana beberapa embrio sering dipindahkan untuk mengimbangi kualitas yang lebih rendah. Fenomena ini juga dapat terjadi berkat obat kesuburan, yang mana dapat menyebabkan banyak sel telur matang dalam satu siklus ovulasi.

Calon pemegang rekor dunia

Cisse bukan satu-satunya perempuan yang pernah melahirkan 9 bayi sekaligus. Sebelumnya, seorang ibu asal Australia (1977) dan di Malaysia (1999) juga pernah melahirkan sembilan bayi dalam satu kesempatan.

Meski demikian, tidak ada satu pun dari bayi mereka yang bertahan hidup lebih dari enam hari.

Adapun ibu pemegang rekor dunia yang melahirkan anak terbanyak sekaligus dipegang oleh perempuan asal AS bernama Nadya Suleman. Pada 2009, dia melahirkan delapan anak yang sekarang berusia 12 tahun. Suleman mengandung kedelapan anak kembar tersebut melalui fertilisasi in vitro dan melahirkan secara caesar.

Sumber: kumparan.com

3 of 3Halaman Selanjutnya