Taman Air Mancur Sri Baduga, Airnya Warna-Warni, Dan Menari Loh


Taman Air Mancur Sri Baduga saat pertama kali hadir, ternyata mampu menyedot animo yang sangat besar dari masyarakat untuk bekunjung ke Purwakarta.

Kunjungan wisatawan yang datang ke Taman Air Mancur Sri Baduga bukan hanya didominasi dari Kabupaten Purwakarta saja, namun dari berbagai daerah, khususnya yang ada di Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Bahkan ada juga turis mancanegara yang datang.

Taman Air Mancur Sri Baduga menyandang predikat sebagai taman air mancur terbesar se Asia Tenggara, serta terkenal juga dengan arsitekturnya yang syarat dengan nilai filosofis.

Namun, bagi para pengunjung yang ingin datang ke Taman Air Mancur Sri Baduga sekarang-sekarang, maka harus bersabar dulu.

Karena banyak tempat wisata yang ada di Jawa Barat terdampak kebijakan pencegahan penularan virus Covid-19, salah-satunya Taman Air Mancur Sri Baduga.

Bagi anda yang belum pernah datang, maka inilah info Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan tempat wisata di Purwakarta saat kebijakan penutupan tersebut dicabut.

Lokasi Dan Alamat Taman Air Mancur Sri Baduga

Lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga terletak di dekat pusat pemerintahan Kabupaten Purwakarta. Adapun alamat Taman Air Mancur Sri Baduga berada di Jl. K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Air Mancur Sri Baduga

Jalan menuju Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta saat ini sangat mudah diakses dari berbagai daerah. Para pengunjung yang dari luar daerah disarankan untuk memakai rute melalui Jalan Tol Cipularang, atau Jalan Tol Purbaleunyi.

Gerbang tol yang paling dekat dengan Taman Air Mancur Sri Baduga adalah gerbang tol Ciganea Purwakarta. Setelah itu, rute selanjutnya ambil arah sebelah kiri menuju pusat Kabupaten Purwakarta.

Lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga berada di seberang sebelah kanan Pendopo Kabupaten Purwakarta.

Harga Tiket Masuk Taman Air Mancur Sri Baduga

Tiket masuk Taman Air Mancur Sri Baduga gratis.

Jam Buka Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga setiap harinya buka dari pukul 05.00 – 09.00, dan pukul 17.00 – 19.00.

Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga hanya digelar hari Sabtu malam, dari pukul 19.30 – 22.30.

Fasilitas di Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta adalah sebagai berikut:

  • Toilet,
  • Mushola,
  • Tempat duduk penonton,

Di area luar Taman Air Mancur Sri Baduga banyak juga yang menjajajakan makanan, dan minuman. Meskipun di Taman Air Mancur Sri Baduga tidak tersedia fasilitas penginapan, namun jarak menuju penginapan, atau hotel sangat dekat.

Jika merujuk kepada asal-usul Taman Air Mancur Sri Baduga, ternyata berawal dari sebuah situ, atau danau buatan, yang dibangun pada tahun 1830 – 1831, yang digagas oleh R.A. Suriawinata, yang menjabat sebagai Bupati saat itu.

Taman Air Mancur Sri Baduga sebelumnya dikenal dengan nama Situ Buleud. Tentu saja, konsep sebelumnya jauh berbeda dengan konsep Taman Air Mancur Sri Baduga saat ini.

Keberadaan Situ Buleud sangat dirasakan sekali manfaatnya bagi masyarakat Purwakarta. Dan dimasa Bupati Dedi Mulyadi, yang terkenal juga sebagai seorang budayawan, dan seniman, maka kawasan tersebut berubah menjadi Taman Air Mancur Sri Baduga.

Sebuah mahakarya megah di tanah Purwakarta, yang berhasil menembus sampai ke luar negeri. Sebuah mahakarya yang syarat dengan nilai filosofis, dan nilai sejarah.

Daya Tarik Taman Air Mancur Sri Baduga

1. Air Mancur Terbesar Se Asia Tenggara

Daya tarik yang pertama tentu saja keberadaan Taman Air Mancur nya. Taman Air Mancur Sri Baduga memiliki luas sekitar 4 hektar, dan di tengah danaunya terdapat patung, dan panggung apung tempat pementasan seni.

Yang paling menarik perhatian adalah saat atraksi air mancurnya yang terlihat menari-nari mengikuti irama lagu. Bukan hanya itu, air mancurnya terlihat berwarna-warni yang diakibatkan oleh sinar laser, serta pencahayaan lainnya.

Suasana semakin meriah, saat sesekali muncul efek semburan api ketika air mancur tersebut sedang menari-nari. Selain lagu-lagu Sunda, terdapat juga lagu-lagu yang bernafaskan Islam yang diputar saat atraksi air mancur.

Jadwal Taman Air Mancur Sri Baduga khususnya atraksi air mancur hanya dilakukan di hari Sabtu malam saja ya…

2. Dekat Dengan Objek Wisata Lainnya

Para pengunjung yang ingin datang ke Taman Air Mancur Sri Baduga tidak perlu datang tepat di malam hari saja. Karena di dekat Taman Air Mancur Sri Baduga terdapat tempat wisata lainnya.

Lokasi tersebut adalah area Pendopo Kabupaten Purwakarta. Namun di sisi lain, ternyata menjadi spot favorit para wisatawan untuk hunting foto, dan hunting kuliner, sambil menanti atraksi Air Mancur Sri Baduga.

Kawasan tersebut sangat nyaman, sebuah taman yang tertata baik dan indah. Banyak juga sudut-sudut yang mampu menjadi latar foto yang instagramable.

Ornamen, dan arsitektur yang ada di kawasan tersebut hampir semuanya memiliki nilai sejarah, dan cermin kebudayaan Sunda.